Tindakan Kuret - Pelayanan BPJS RS. Petrokimia Gresik

Setelah lama vacum dalam menulis blog, beberapa minggu kemarin saya menyempatkan diri buat memulai hobi menulis saya. . Yaaa walaupun gak bagus-bagus amat dalam merangkai kata. . :)

Cerita ini berawal ketika istri saya dinyatakan keguguran oleh Dr. Zainul Spog. Asal muasal nya, karna istri saya usai melakukan perjalanan ke luar kota selama 2 hari. Mungkin faktor kelelahan dan juga akibat dari janin nya itu sendiri yg tidak kuat dalam guncangan, pada saat perjalanan.

Padahal sebelum melakukan perjalanan ke luar kota. . istri saya sudah mengkonsumsi pil penguat yang dianjurkan oleh dokter. Oiya. . Usia kehamilan istri saya sudah memasuki 4 bulan atau 13 minggu.
Singkat cerita. .begitu dinyatakan keguguran oleh Dr. Zainul Spog,  beliau langsung menyarankan agar segera dilakukan tindakan kuret. 


Saat itu juga, saya langsung mengkhawatirkan kondisi istri saya. Yaap wajar saja , karna notabene istri memang selalu phobia dengan yang nama nya tindakan operasi apalagi dunia medis.

Begitu saya mendapatkan surat pengantar dari Dr. Zainul SpOg untuk melakukan kuret di Rs. Petrokimia Gresik. Keesokan hari nya, surat tersebut saya bawa ke Klinik BPJS Nayaka Husada yang selama ini menjadi faskes 1 keluarga kami. Dengan harapan Klinik Bpjs tersebut, dapat mengcover semua keluhan kami. Sehingga  sesegera mungkin bisa memberikan surat rujukan untuk dilakukan tindakan kuret di Rs. Petrokimia.

Sebenar nya saya dan istri, bisa saja memakai biaya sendiri dalam hal pengobatan ini. . Tapi karna penasaran pengen nyoba buat gunain fasilitas BPJS, yaaa gak ada salah nya. . Secara setiap bulan, income saya dipotong hampir 90 ribu buat iuran BPJS ini. .
Hehehe. .

Ternyata gak butuh waktu lama (kurang dari 10 menit) surat rujukan dari klinik sudah berada di tangan saya. Mungkin dikarnakan saya jg menyertakan hasil USG + Diagnosa dari Dokter Zainul sebelum nya. Makanya tanpa ribet dan berbelit-belit. Hehe. .

Saat malam hari, istri saya mengalami sakit yg luar biasa pada bagian perut dan mengalami pendarahan yang lumayan hebat. Hingga akhirnya pukul 04.30 waktu subuh, saya putuskan untuk membawa nya ke UGD Rs. Petrokimia. Setibanya saya di ruang UGD. .saat itu juga saya di tanya sama petugas UGD.

A : Bapak punya kartu kesehatan ?
B : Bpjs maksudnya ?
A : iya pak. .Bpjs punya istri anda sama KTP kalo ada.

Saat itu juga Kartu Bpjs dan Ktp milik istri beserta rujukan dari Klinik Nayaka Husada, saya serahkan kepada petugas UGD. Mungkin sekarang program Bpjs sudah familiar menurut saya. .jadi setiap kali berobat, si Suster pasti menanyakan soal adanya kartu Bpjs atau tidak. . Hal ini jg pernah saya alami pada saat periksa di Puskesmas Alun-alun.

Saat istri masuk ruang UGD, istri langsung disuruh berbaring untuk diperiksa tensi darah dsb.nya. Sementara saya sibuk mengisi data pasien dll. Maklum lah baru pertama kali masuk Rumah Sakit. Saat itu suster nya juga dengan sabar ngebantuin saya dengan mengisi form pendaftaran yang dibutuhkan, mereka juga ikut ngebantuin saya buat fotocopy.in KTP dan berkas-berkas lainya seperti rekam medik dan surat rujukan dari faskes 1. Padahal saat itu saya cuma membawa berkas persyaratan seadanya. Hehehe. .

15 menit kemudian, istri sudah dipasang selang infus. Saat pemasangan gelang di infus, Suster nya dengan sabar menjelaskan arti dan maksut dari gelang warna pink yang dipasang di tangan kiri istri saya. Katanya sih sebagai penanda yang artinya kalo pasien cewek dikasih gelang warna pink,klo pasien cowok dikasih warna biru kalo gak salah sih gitu *lupasoalnya :D. .di gelang nya sendiri ada tulisan nama dan tanggal lahir si pasien, yang fungsinya untuk mengantisipasi kekeliruan dalam pemberian obat. Kereeenn ya. . . *inovasi yang bagus
Hehe

Suster yang menangani istri saya saat di UGD ada 3 orang, mereka bergantian buat memantau perkembangan istri. Semua suster dengan ramah menjawab semua keluhan pasien. Sampai lupa nama-nama suster nya siapa aja. . Arrghh. .*gak penting banget

30 menit kemudian istri saya dibawa ke ruangan VK Lantai 4 Rs. Petrokimia guna menunggu proses kuret. Menurut saya, proses nya cukup cepat. Jauh berbeda dengan kisah teman-teman yg lain yang pernah ditangani di Rumah Sakit Lain dengan pelayanan Bpjs. Mereka sering mengeluhkan pelayanan yang kurang maksimal. Sungguh beruntungnya saya, karna memilih tempat rujukan yang tepat buat istri saya.

Tak lama kemudian dokter Zainul Spog tiba di ruang operasi. Saat itu istri saya dibius total, saya disuruh untuk menunggu diluar. Tindakan kuret nya sendiri tidak sampai 20 menit. Setelah istri saya sadar dari reaksi obat bius, saat itu juga istri saya dipindahkan ke ruang rawat inap kamar 409. Pada waktu dilakukan tidakan kuret, istri saya tidak merasakan rasa sakit sedikit pun. Justru ketika istri saya terbangun, malah bertanya sama saya 'Kapan jadi dikuret ini ? ' hehehe. . Saking gak berasanya saat di kuret.

Ada salah satu suster yang selalu setia menemani saya dan istri ketika ada di ruang operasi. Dia selalu mencoba menghibur istri agar tidak tegang dan berusaha meyakinkan istri, kalau proses nya tidak terasa sakit. Saya lupa namanya. .yang saya ingat suster tsb pakai kacamata, trus mempunyai wajah yg manis, dan punya tahi lalat kecil di hidung nya. .

Suster tersebut bilang kalo sehabis kuret dicoba buat minum air putih sedikit,kalo gak mual bisa dibuat makan, tapi gak boleh terlalu banyak juga.
Setelah ada di kamar inap, saya dan istri sibuk melayani sanak saudara yang menjenguk keadaan istri. Jam 12.30, makan siang diberikan sama petugas RS. Istri sendiri hanya doyan makan roti boy yang saya beli di lantai bawah. Hehe . . Wajaaarr istri lagi gak nafsu makan nasi.

Pukul 3 sore. .beberapa suster masuk ke kamar . Sekitar 6 orang suster secara bergantian memberikan perhatian dan support kepada istri. Salah satu dari mereka bertanya :

Suster : Ibu gimana masih pusing ? Gak mual ? Makanannya doyan ya bu ? *perawat sambil ngeliat piring yg sudah habis nasinya
Istri : istri cm bisa bilang 'iya' padahal yang ngabisin makanan nya itu saya.hehehe
Suster : ibu kondisi nya saat ini sudah agak baikan, insya allah sore ini ibu bisa pulang, tapi ibu gak boleh aktivitas yang berat berat dulu. .
Istri : iya mbak. .

6 perawat tersebut setelah dari kamar saya, mereka masuk lagi ke kamar sebelah. Sepertinya mereka melakukan kontrol terhadap pasien-pasien yang ada di kamar inap saat itu. Kayak nya sih semacam SOP gitu (Standart Operasional Prosedur) yang diterapkan sama pihak RS. Petrokimia. Kereeenn ya. . .
Biasanya khan cuma 1 atau 2 orang suster yang ngecek kondisi pasien. Itupun suster nya kadang cm ngecek infus doank. .kalo pun gak ditanya jg gak bakalan ngasih perhatian sama pasien nya.

Saya salut dengan pelayanan dari perawat yang memberikan perhatian dan support sama istri saya, walaupun jumlah perawat nya banyak & berbeda-beda, tapi mereka semua bisa kompak dan satu visi dalam melayani pasien, yakni mengutamakan senyum dan ramah terhadap pasien. Saya kasih ulasan penilaian 8,5 dari 10 untuk pelayanan Rs. Petrokimia.

Pukul 4 sore, istri saya didatangi seorang suster, suster nya beda lagi dengan yang tadi. . suster tsb, memberikan penjelasan soal obat-obat yang akan dibawa pulang *bukan cuma resep lohh ya melainkan obat. . beserta aturan minum dan kapan saat nya buat chek up kembali. Disaat bersamaan, saya juga dikasih 2 surat untuk 2 kali chek up dengan selang waktu 1 minggu setelah pulang dari Rs.

Setelah itu suster tsb mempersilahkan kami pulang, saya bertanya sama si suster nya 'untuk biaya pengobatan nya kena berapa mbak ? ' si suster nya bilang 'biaya nya sudah ditanggung sama pihak BPJS pak.'
Waaahhh. . Berasa beban di pundak terasa plong. . Maklum saja. .kemarin googling biaya kuret di RS kisaran nya kena 3 - 5 jutaan. .

Harapan saya, pemerintahan saat ini bisa lebih fokus buat pembenahan sistem BPJS yang selama ini, masih terdapat kekurangan dalam praktek di lapangan.
Untuk Rs. Petrokimia terima kasih banyak atas pelayanan dan kesigapan perawat, serta dokter yang telah berjuang dalam pengobatan istri saya. Pertahankan pelayanan yang sudah ada. .
Sudahh dulu ya. . Hehehe
Bye bye. .

Comments

  1. Mau tanya mas. Habis kuret itu berapa hari proses nya ya?

    ReplyDelete
  2. Sehari langsung pulang atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kuret + tindakan dari dokter spesialis cm 1 hari bunda. .
      Pagi dini hari pukul 03.00 mengalami pendarahan, masuk UGD, dan tindakan kuret 07.00 dengan bius total. .

      Jam 5 sore sudah diperbolehkan utk pulang. .

      Dengan kesempatan kembali 1 minggu kemudian untuk kontrol dan chek up. .

      Delete
  3. Terimakasi sdh tulis pnglman sangat memotivasi jdi tdk takut kuret dokter barusan vonis kuretes pd janin saya blm rezeki y

    ReplyDelete
  4. Terimakasi sdh tulis pnglman sangat memotivasi jdi tdk takut kuret dokter barusan vonis kuretes pd janin saya blm rezeki y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya . .Sama sama. . Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk semua orang. ^_^

      Ikut sedih juga atas musibah yang sedang dialami oleh bunda. .

      Delete
    2. Kalau faskes 1 libur hari raya gini apakah bisa pasien tercover bpjs mas.

      Delete

Post a Comment